Senin, 15 Juni 2020 LPMPP Unram mengadakan rapat Program Standar Pendidikan. rapat di mulai pukul 10.00 Wita sampai selesai, dengan agenda rapat Revisi dan Improvisasi Draft SPMI Standar Pendidikan Unram. rapat tersebut di buka oleh Ketua LPMP2 (Dr. Ir. Lestari Ujianto, M.Sc) dan Pengantar rapat oleh koordinator standar pendidikan Unram (Dr. Drs. L. Muhaimi, M.Pd)

  • Saran dari Dr. H. Agus Ramdani, M. Sc.
  1. Standar Pengelolaan Pembelajaran diperlukan revisi dan penyempurnaan pada beberapa item seperti focus pada pembahasan tentang pengayaan dan pengembangan mekanisme pengelolaan pembelajaran dari aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya.
  2. Standar Pembiayaan perlu disempurnakan pada aspek pengelolaan sumber dan income generating yang langsung menunjang kreatifitas pada pengelolaan dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
  3. Standar tesis/disertasi perlu dilengkapi dengan keharusan setiap program studi Magister pada Program Pascasarjana Unram untuk memiliki acuan selingkung dan Panduan penulisan tesis yang ajek dan spesifik terkait bidang kekhususan masing-masing Prodi.
  • Saran dr. Arfi
  1. Standar kompetensi lulusan terkait spiritual dan kepribadian
  2. Strategi merdeka belajar lulusan:
  • Jumlah magang industri dan kegiatan lain yang mendukung tercapainya kompetensi lulusan, kreaktifan kegiatan organisasi
  • Partisipasi dalam organisasi alumni dan kegiatan kemasyarakatan
  • Debat bahasa inggris
  1. Indikator lulusan berbentuk lulusan telah memiliki kemampuan kepemimpian yang baik
  2. Standar Isi pembelajaran sudah terakomodir terutama menyangkut beberapa poin penting seperti (a) pernyataan standar isi pembelajaran: asosiasi lainnya yang relevan (contoh: institusi kesehatan, LBH terkait kesehatan); (b). Isi kurikulum hendaknya direvisi setiap minimal 2 tahun utk kategori minor dan 4 tahun untuk kategori mayor.
  3. Untuk mendukung pelaksanaan isi pembelajaran secara maksimal diperlukan peningkatan bandwitch internet; tersedianya buku panduan blok mata kuliah (khusus prodi pendidikan kedokteran); dan SOP evaluasi kurikulum.
  4. Pernyataan isi standar proses: Point a buku panduan blok mata kuliah dan buku blok keterampilan.
  • Saran dari Bpk Dwi
  1. Strategi penilaian yang tertera terkait nilai tengah perlu dipertegas dengan poin mahasiswa dinyatakan lulus berhak mendapat ijasah, sertifikat profesi I, sertifikat kompetensi, surat keterangan pendampingan ijasah dan gelar), poin 10 kelulusan mahasiswa dari program apakah ada pelampauan predikat (memuaskan).
  2. Penggunaan istilah SOP
  3. Standar dosen poin 10 membuat sistem rekrutmen, pembinaan karir dan evaluasiluarbiasa
  • Saran dari Dr. Hj. Rina Khairani Pancaningrum, SH., LLM

Mengkombinasikan internasional dalam visi misi universitas dengan kampus merdeka

  1. Standar lulusan profesi dokter ada masa studi 3 tahun menjadi 5 tahun
  2. Nilai tengah Permendikbud 3/2020 Pasal 26 ayat 2
  3. Skor toefl pedoman akademik khusus S2 pendidikan bahasa inggris 500
  4. S1 ke bawah diserahkan ke mahasiswa langsung sedangkan pascasarjana ada biaya kursus 500 ribu yang dimasukkan dalam SPP (kursus di smtr 75% disetarakan lulus toefl) karena sebagai syarat ujian
  • Penutupan rapat oleh Ketua :

Hasil kerja tim Standar SPMI Bidang Pendidikan segera diselesaikan dan diserahkan kepada Ketua LPMPP Unram pada hari Rabu, 16 Juni 2020.