Pergeseran paradigma yang terjadi dalam berbagai aspek kehidupan  sebagai akibat dari maikin terbukanya arus informasi secara global mengharuskan dilakukannya penyesuaian-penyesuaian  dalam berbagai hal, termasuk penyesuaian-penyesuaian  dalam bidang pendidikan tinggi. Penyesuaian ini diperlukan karena terjadi perkembangan yang pesat dalam IPTEK, perkembangan kebutuhan masyarakat pemangku kepentingan (stakeholders) dan kecenderungan yang bakal terjadi di masa depan, baik yang bersifat nasional, regional, maupun internasional.

Untuk menghadapi hal-hal tersebut, maka sebagai salah satu lembaga Pendidikan Tinggi di indonesia, dengan merujuk pada Rencana Pembangunan Pendidikan Nasional Jangka Panjang (RPPNJP) 2005-2025, yang ditetapkan melalui Permendiknas No. 32 Tahun 2005. Sebagai institusi pendidikan tinggi yang tang berada dibawah pengelolaan Kementrian Ristek dan Pendidikan Tinggi, maka Universitas Mataram telah menetapkan Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) 2011-2025, yang dibagi dalam tiga periode rencana pengembangan, yaitu

  1. Periode I (2011-2015) adalah periode Standarisasi Nasional Tri Dharma Pendidikan Tinggi dalam rangka  penguatan daya saing Universitas Mataram di tingkat nasional. Periode II (2016-2020), sebagai periode Standarisasi Asia Tri Dharma Pendidkan  Tinggi dalam Rangka penguatan daya saing Universitas Mataram di tingkat regional (Asia); dan
  2. Periode III (2021 – 2025) sebagai periode Internasional Universitas Mataram dalam rangka penguatan daya saing Universitas Mataram di tingkat internasional.

Program Pengembangan Periode I (2011-2015) sudah mencapai batas waktu. Dalam periode I ini sudah dirasakan terjadinya banyak peningkatan di berbagai bidang. kemajuan-kemajuan yang patut dicatat dalam periode ini yang mengindikasikan bahwa unram makin menunjukkan kiprahnya sebagai salah satu perguruan tinggi patut diperhitungkan di tingkat nasional di antaranya adalah :

  1. Terjadinya peningkatan peringkat akreditasi institusi Universitas Mataram dari Akreditasi C menjadi B;
  2. Makin berkurangnya program studi di Unram dengan akreditasi C dan bertambahnya program studi berakreditasi A
  3. dibukanya beberapa program studi baru yang makin memperkaya hasanah tawaran keilmuan dari unram kepada masyarakat , yaitu Prodi Farmasi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Hubungan Internasional, Prodi Sosiologi, dan Prodi Pendidikan Sosiologi;
  4. Makin besarnya masyarakat untuk memilih Unram sebagai tempat belajar, seperti ditunjukkan dengan meningkatnya peminat daya saing dalam penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN dan SBMPTN untuk prodi-prodi di unram
  5. Stabilnya posisi Unram sebagai Universitas dengan perolehan hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dengan biaya yang bersifat terpusat maupun dekosentrasi;
  6. Makin menonjolnya peran Unram sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan berbagai event kegiatan ilmiah antara seminar-seminar yang bertaraf nasional dan internasional, olimpiade saintek dan kegiatan kemahasiswaan seperti PIMNAS dll.

Kemajuan-kemajuan tersebut tentu saja sangat menggembirakan. Namun kita tidak dapat pungkiri bahwa masih ada beberapa aspek yang memerlukan penanganan yang  lebih sungguh-sungguh. Oleh karena itu, salah satu upaya penanganan yang sungguh-sungguh ini dan dalam rangka memasuki Periode II pengembangan Unram (2016-2020), maka telah dilakukan restrukturisasi di Universitas Mataram yang tuangkan dalam peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.116 Tahun 2014 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) Universitas Mataram.

Dalam OTK yang baru tersebut (pasal 76), telah ditetapkan dua lembaga, yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP). Sesuai dengan pasal 86 OTK tersebut, LPMPP mempunyai tugas melaksanakan koordinasi, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi kegiatan peningkatan dan penjaminan mutu dan pengembangan pembelajaran. selanjutnya, diuraikan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan menyelenggarakan fungsi:

  1. penyusunan rencana, program, dan anggaran Lembaga;
  2. pelaksanaan peningkatan dan pengembangan pembelajaran;
  3. pelaksanaan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan;
  4. koordinasi pelaksanaan kegiatan peningkatan pembelajaran, pengembangan pembelajaran, dan penjaminan mutu pendidikan;
  5. pemantauan dan evaluasi peningkatan pembelajaran, pengembangan pembelajaran, dan penjaminan mutu pendidikan; dan
  6. pelaksanaan urusan administrasi

LPMPP ini sebenarnya sudah dirintis sejak dibentuknya Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) ditetapkan berdasarkan SK Rektor Universitas Mataram Nomor:11.519/J18.H/HK.01.12/2003 tanggal 3 November 2003. Sesuai dengan tupoksinya, LPP merupakan unit penunjang di Unram yang cukup berperan dalam peningkatan kualitas pembelajaran melalui berbagai kegiatan, di antaranya adalah lokakarya PEKERTI, Apllied Approach (AA) dan pelatihan-pelatihan yang menyangkut metode dan media pembelajaran bagi para dosen di lingkungan Unram.

Dalam rangka pemenuhan capaian pengembangan periode II (2016-2020) dan III (2021-2025), maka peran yang sebelumnya diemban melalui LPP ditingkat lagi melalui pembentukan Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP), dengan dimasukkannya aspek penjaminan mutu dalam tupoksi lembaga yang baru ini. Sehubungan dengan itu, maka LPMPP perlu memiliki tim pengelola yang mampu dan berintegritas, dengan visi dan misi yang jelas agar sasaran yang Periode Pengembangan II dan III dapat dicapai dengan baik.