LPMPP Universitas Mataram Gelar Workshop Bedah Instrumen Akreditasi LAM-PTIP

Mataram – Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Mataram (Unram) mengadakan Workshop Bedah Instrumen Akreditasi Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Ilmu Pertanian (LAM-PTIP) pada Kamis, 4 September 2025, bertempat di Ruang Sidang Senat Lantai III Rektorat Universitas Mataram.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Sitti Hilyana, M.Si., setelah sebelumnya diawali dengan pengantar oleh Kepala LPMPP Unram, Dr. Ir. Sitti Latifah, M.Sc.F., IPU. Dalam sambutannya, Prof. Sitti Hilyana menyampaikan pentingnya pemahaman mendalam terhadap instrumen akreditasi terbaru sebagai langkah strategis peningkatan mutu dan daya saing program studi di lingkungan Unram, khususnya di bidang ilmu pertanian.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber kompeten di bidangnya. Narasumber pertama, Prof. Dr. Ir. Samanhudi, S.P., M.Si., IPM, ASEAN Eng., APEC Eng., menyampaikan materi terkait kebijakan, peran, dan mekanisme akreditasi oleh LAM-PTIP. Ia menjelaskan secara komprehensif perkembangan akreditasi mandiri serta tantangan dan peluang bagi perguruan tinggi dalam memenuhi standar mutu yang ditetapkan.

Selanjutnya, Dr. Gusti Fauza, S.T., M.T., Ph.D., sebagai narasumber kedua, membawakan materi bedah instrumen LAM-PTIP secara rinci. Beliau memaparkan tiap butir indikator penilaian dalam instrumen akreditasi, serta memberikan contoh implementasi penyusunan dokumen akreditasi yang sesuai dengan standar LAM-PTIP.

Workshop ini diikuti oleh para dosen, pengelola program studi, Universitas yang ada di NTB dan tim penjaminan mutu dari berbagai fakultas di Universitas Mataram, khususnya yang memiliki program studi di rumpun ilmu pertanian. Diharapkan melalui kegiatan ini, peserta dapat lebih memahami dan mengimplementasikan instrumen akreditasi LAM-PTIP secara optimal guna mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi di Unram.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top