Program kerja dari Lembaga Penjaminan Mutu dan pengembangan Pendidikan Universitas Mataram mencakup 3 bidang, yaitu: 1. Tata Kelola, 2. Penjaminan Mutu, dan 3. Pengembangan Pendidikan.

TATA KELOLA LPMPP

No. Program Kerja Jenis Kegiatan Luaran (Output)
1 Penyempurnaan /Pengusulan Struktur Organisasi dan Penyusun-an Tupoksi LPMPP Unram FGD dan Rapat Kerja, pemerataan/distribusi Tupoksi Struktur dan Tupoksi LPMPP
2  Peningkatan kapasitas SDM dan pelayanan FGD, pelatihan, bimbingan teknis, magang, pengadaan tenaga yg terampil TI dan Statistik, dan lainnya. Kapasitas SDM dan mutu layanan meningkat
3 Penataan kondisi/atmosfir LPMPP Penataan taman, tempat parkir, pembuatan gedung pertemuan terintegrasi Atmosfir dan kondisi LPMPP lebih baik
4 Koordinasi dan kerjasama Koordinasi dgn Unit di Unram dan luar Unram   Kerjasama dengan: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Prov. NTB, Dikpora Terjalinnya sistem penjaminan mutu dan pengembangan pendidikan. Terwujudnya kerjasama yang bisa ditIndaklanjuti
5 Penyusunan dokumen  
a Rencana Induk Pengembangan (RIP) LPMPP 2020-2030 FGD dan Workshop Dokumen RIP LPMPP 2020-2030
b Rencana Strategis (Renstra) LPMPP 2020-2025 FGD dan Workshop Dokumen Renstra LPMPP 2020-2025
c Rencana Operasional (Renop) 2021 FGD dan Workshop Dokumen Renop LPMPP 2020
d Standar Operasional Prosedur (SOP) FGD dan Workshop Dokumen SOP tata kelola, penjaminan mutu, dan pengembangan pendidikan
g Buku profil LPMPP FGD dan Workshop Buku profil LPMPP
i Buku Panduan Pelaksanaan SPMI di LPMPP FGD dan Workshop Buku Panduan Pelaksanaan SPMI di LPMPP
j Buku Panduan Penyusunan RPS, RTM, Buku ajar, buku petunjuk praktikum FGD dan Workshop Buku Panduan Penyusunan RPS, RTM, Buku ajar, buku petunjuk praktikum
No. Program Kerja Jenis Kegiatan Luaran (Output)
6 Perbaikan tata kelola administrasi dan keuangan berbasis TI FGD dan pembuatan program sistem tata kelola administrasi (e-office) dan keuangan (e-budgeting) Tata kelola administrasi dan keuangan yg efektif
7 Standarisasi dan penomeran dokumen Kerjasama dgn UPT Kearsipan Dokumen dgn nomor standar
  Rapat Rutin RTM   Dokumen RTM

PENJAMINAN MUTU

No. Program Kerja Jenis Kegiatan Luaran (Output)
1 Konsolidasi dengan Tim Penjaminan Mutu di Tingkat Fakultas/Pascasarjana/Program Studi Pertemuan rutin tiap akhir bulan Laporan perkembangan penjaminan mutu di Unram
2 Penyusunan/Revisi  dan sosialisasi Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan dokumen mutu lainnya Pertemuan untuk penyusunan/merevisi; FGD, workshop, dan pertemuan utk sosialisasi Dokumen Kebijakan SPMI, Manual SPMI, Standar SPMI, Formulir SPMI, SOP Penjaminan mutu
3 Pelaksanaan/Implementasi SPMI di LPMPP Pelatihan SPMI secara terencana. Persiapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan kegiatan SPMI di LPMPP Jumlah pengelola institusi yang memahami dan melaksanakan SPMI semakin meningkat. SPMI mulai terlaksana
4 Turut dalam perencanaan/ penetapan standar, evaluasi, pengendalian pelaksanaan SPMI di lingkungan Universitas Mataram Penyusunan Tim Penetapan Standar, FGD Proses pelaksanaan SPMI berjalan
5 Penyusunan dan sosialisasi panduan, POB, dan program  Audit Mutu Internal Pertemuan, FGD Panduan, POB, dan program  Audit Mutu Internal
6 Penyegaran Auditor disesuaikan dengan perkembangan dan tema audit Workshop Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan
7 Pelaksanaan Audit Mutu Internal bidang Akademik dan Non Akademik. Persiapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan kegiatan Audit Laporan kegiatan Audit (hasil evaluasi dokumen, hasil wawancara, temuan
8 Rapat tinjauan manajemen dan diseminasi temuan Audit Mutu Internal Pertemuan dan FGD Tindakan perbaikan
No. Program Kerja Jenis Kegiatan Luaran (Output)
9 Peningkatan kualitas dan kuantitas Auditor Internal Pelatihan dan sertifikasi Auditor Internal Jumlah Auditor bertambah, kualitas Auditor meningkat
10 Pendampingan akreditasi nasional (BAN-PT) di tingkat Universitas (Institusi) dan di tingkat Program Studi. Sosialisasi, bimbingan teknis penyusunan LKPS dan LED berdasarkan IAPS  4.0, dan simulasi Dokumen LKPS dan LED
11 Pendampingan akreditasi ISO (9001:2015; 17025; dan 21001:2018) Sosialisasi, bimbingan teknis penyusunan usulan dan simulasi Dokumen hasil rapat tinjuan managemen
12 Evaluasi sosialisasi pemahaman, dan implementasi Visi dan Misi Universitas Pertemuan dan pemanfaatan media Laporan Hasil Evaluasi sosialisasi pemaham dan implementasi Visi dan Misi Unram
13 Evaluasi kepuasan pengguna/masyarakat / pelanggan dan mahasiswa serta pembuatan laporan beserta usulan/rekomendasi. Penyusunan Instrumen di google form dan laporan Data kepuasan pengguna
14 Penelusuran alumni secara terkoordinir Berkoordinasi dengan Pusat Pengembangan Karier Data hasil penelusuran alumni
15 Pengelolaan data secara terpadu, terpusat dan mudah diakses secara offline maupun online. Penyusunan, pengisian, dan perawatan program Terbentuknya sistem database yg terpadu dan mudah diakses
16 Evaluasi perlu tidaknya Peninjauan kembali Visi dan Misi Universitas Mataram. Audit,  pembentukan Tim, penyusunan naskah akademik, Penyusunan draft evaluasi VMTS, dan workshop dengan melibatkan pihak luar Dokumen revisi visi dan misi Unram
17 Optimalisasi penggunaan teknologi informasi dalam penjaminan mutu. Pembuatan program untuk pelaksanaan SPMI, Evaluasi (Audit), SPME, dan tata kelola lembaga Sistem SPMI dan Audit daring
18 Persiapan  akreditasi Asia dan Internasional Penyusunan dokumen dan pemenuhan persyaratan yang dibutuhkan Dokumen dan pemenuhan persyaratan
19 Peningkatan kualitas dan kuantitas Asesor Internal Pelatihan dan sertifikasi Asesor Internal Jumlah dan kualitas Asesor Internal meningkat

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN

No. Program Kerja Jenis Kegiatan Luaran (Output)
1 Peningkatan kapasitas, integritas, dan kompetensi pengelola pendidikan Pekerti, AA, pelatihan sistem pembelajaran daring, Bimtek, ToT Mutu pengelola pendidikan meningkat
2 Pengembangan sistem pembelajaran daring (Spada) Spada Jenis 1. Mengunggah semua materi pembelajaran ke dalam website (menu Spada) Materi pembelajaran diunggah dalam website
    Spada Jenis 2. Mengunggah semua materi pembelajaran ke dalam website (menu Spada) telah mengunggakan program tertentu dan tatap muka dalam proses pembelajaran (Blended learning) 60 % Mata kuliah menerapkan blended learning
    Spada Jenis 3. Spada penuh yaitu sistem pembelajaran dengan menggunakan sistem daring penuh, seperti Universitas Terbuka 30 % Mata kuliah menerapkan Spada penuh
3 Menjalin kerjasama dalam pengembangan pendidikan Penandatanganan MoU Realisasi kerjasama
4 Standarisasi dan pengembangan perencanaan (RPS/RTM, bahan ajar), proses pembelajaran, dan standard evaluasi pembelajaran Workshop, verifikasi/evaluasi dokumen, integrasi dgn website Perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran sudah standar
5 Pengembangan sarana dan prasarana untuk pengembangan pendidikan ke arah digitalisasi. Pengadaan alat utk telekonferen, perangkat lunak dan keras Tersedianya sarpras pengembangan pendidikan
6 Pengkajian Pembelajaran Bidang pengkajian aktivitas instruksional (BPAI) Hasil-hasil kajian pembelajaran
    Penelitian bidang SDM bidang Pendidikan dan Kependidikan Informasi SDM bidang pendidikan
7 Supervisi Rekontruksi kurikulum dilaksanakan oleh LPMPP Bimtek, workshop, FGD Kurikulum baru
8 Pelaksanaan hibah buku ajar dilaksanakan oleh LPMPP Bimtek dan seleksi Buku ajar